Cara Mencintai Kopi Bagi Pemula

Lupakan aku, katamu.
Bagaimana bisa?
Sedang pahit kopimu yang kautinggalkan di kelu bibirku, merasuk ke dasar jiwaku… ‪#NgopiBener

KOPI memang bukanlah kekasih yang mudah membuat jatuh hati. Kopi adalah tanaman ajaib yang dengan luar biasa memberi kenikmatan tanpa batas bagi penikmatnya. Tapi, hal ini tentu tidak bisa dirasakan semua orang yang tidak mengenalnya dan tidak mencintainya. Beberapa orang tidak menyukai kopi hanya karena rasanya yang pahit. Ada pula yang takut kepada kopi dikarenakan mitos tertentu yang bisa membuat susah tidur bahkan gangguan kesehatan. Padalah jika dikenali dan dipelajari kopi banyak sekali memberi kebaikan yang sudah diuji dan diteliti para ahli dunia kesehatan.

Bagi para penikmat kopi pasti akan merasa kurang lengkap jika dalam sehari saja tidak menikmati secangkir kopi. Ada sesuatu yang kurang jika tidak mengawali hari dengan segelas kopi.

Foto : Amazon.com | Blonde/light Roast Coffee Beans – NgopiBener

Nah bagi Anda sang ‘calon pecinta kopi’, berikut ini ada cara sederhana mencintai kopi. Setelah membaca dan mengetahuinya, semoga Anda bisa benar-benar bisa menikmati KOPI dan membuat semakin bersemangat dalam menjalani kehidupan yang tidak selalu manis namun juga ada rasa pahitnya seperti secangkir kopi yang pahit namun tetap nikmat.

Kenali Asal-usulnya

Foto : MLGcoffee.com | Mencintai Kopi – NgopiBener

Jika Anda mau jatuh cinta dengan seseorang tentu Anda harus mengetahui apa saja tentang dirinya, bahkan mungkin masih ada yang menganut paham ‘bobot, bibit, dan bebet’, begitupun dengan kopi. Cari tahu dari daerah mana asalnya. Di daerah apa saja dia bisa tumbuh. Bagaimana prosesnya sehingga menjadi bubuk hitam. Lalu sebagai orang yang tinggal di Indonesia, Anda harus berbangga, bahwa kopi yang kita miliki adalah salah satu kopi terbaik di dunia. Bahkan Indonesia adalah salah satu penghasil kopi terbesar. Kenali asal mula kopi, kenali segala hal yang berhubungan dengannya. Zaman sekarang, kamu bisa menemukan banyak buku, jurnal penelitian, bahkan di situs-situs yang membahas dunia perkopian. Dengan mengetahui sejarah dan asal muasal, mungkin saja secara perlahan bisa menumbuhkan benih-benih cinta di hatimu. Mencoba selangkah lebih maju untuk lebih dekat dengan dunia perkopian.

 

Cari Tahu Manfaatnya

Foto : Alarabiya.net | Mencintai Kopi – NgopiBener

Semua orang tentu tidak mau mengkonsumsi sesuatu yang memberi efek tidak baik untuk tubuh. Coba hapus dulu segala pikiran akan mitos kesehatan akibat mengonsumsi minuman kopi. Dimulai dengan mencari tahu manfaat dari kopi. Selayaknya hubungan yang tidak bermanfaat maka tidak layak untuk dipertahankan. Begitu pula dengan kopi. Cari tahu kandungan apa saja di dalamnya. Apa-apa saja kebaikan yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengkonsumsi kopi. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsi minuman kopi. Beragam informasi tentang manfaat kopi banyak tersebar di beragam referensi bacaan. Jangan malas untuk mencari tahu. Kita tidak bisa hanya menilai sesuatu melalui apa yang kita dengarkan tanpa kita sendiri mengalaminya.

 

 

Nikmati Cita Rasanya

Foto : Lia Ummu Aisy | Mencintai Kopi – NgopiBener

Kopi adalah soal rasa dalam setiap teguknya yang menghantam setiap dinding-dinding saraf di rongga mulut kita. Jadi, jika Anda seorang pemula dan tidak terbiasa mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula, sebaiknya nikmati dulu kopi-kopi yang disajikan dengan beragam campuran. Menu kopi tersebut bisa seperti cappuccino, cafe latte, flat white dan menu lain yang dicampur dengan susu.
Penulis sendiri, awal bisa jatuh cinta dengan kopi adalah ketika menikmati secangkir kopi tanpa gula (karena kehabisan gula). Waktu itu penulis masih mencampurkan gula sebagai penghilang rasa pahitnya. Sruputan pertama, begitu mengguncang rongga mulut hingga ke relung-relung kalbu, sruputan selanjutnya apa yang terjadi ? Pahit berubah rasa sedikit asam meninggalkan bekas di kuncup-kuncup lidah, entah momentnya yang pas atau hanya sebuah kebetulan, inspirasi dan ide pun ikut bermunculan. Dan sekarang, penulis sudah terbiasa menikmati kopi hitam tanpa gula.

Buat Anda, jangan malu menambahkan gula pada kopimu jika kamu belum terbiasa dengan rasanya. Perlahan saja nikmati cita rasanya yang sesuai dengan seleramu. Jangan terpengaruh suara sumbang yang mengatakan kopi tidak layak dicampur gula dan susu. Karena seiring waktu, kamu juga akan menikmati beragam menu kopi lain dengan cita rasa lebih kaya.

 

Demikianlah cara mencintai kopi bagi pemula.

Bagaimana dengan Anda ?
Bagaimana awalnya Anda sampai bisa jatuh cinta dengan kopi ? Ditunggu komentarnya ya! Selamat jatuh cinta..

Copyright © 2017 NgopiBener, All rights reserved.