Jajanan Pasar “Tak Lekang Dimakan Jaman”

Banyak hal yang patut kita banggakan dari negara kita, Indonesia. Nggak cuma alamnya, tapi juga makanannya. Nah, ngomong soal makanan, sewaktu kecil kamu pasti sering menjumpai jajanan pasar yang murah dan rasanya beragam.

Karena harganya yang juga murah, mungkin kamu akan meminta Ibu untuk membelinya dalam jumlah banyak.

Sekarang, jajanan pasar agak mulai sulit dicari, kalau dulu bisa dengan mudah kita temukan dimanapun, sekarang biasanya ada kios tersendiri yang menjual jajanan pasar. Nah, supaya kamu nggak melupakan jajanan-jajanan gurih dan legit ini, simak rangkuman beberapa aneka jajanan pasar disini.

Hati-hati lapar yaaa!

KLEPON

Sangat khas dengan warna ‘Ijo’ nya, berbentuk bulat, dibalut dengan parutan kelapa, pas dimakan…oughh…ada cairan yang keluar dari dalamnya, dan rasanyaaaaaaaaa…wow, manis-manis manja!Terbuat dari tepung beras ketan dan dibalut dengan kelapa parut, ditambah gula merah di dalamnya, klepon memang nikmat banget!

 

ONDE-ONDE

Kue bunder yang satu ini lain lagi isinya. Bentuknya saja yang sama bunder, tapi biasanya si onde-onde ini sedikit lebih besar dari klepon. Onde-onde digoreng dengan balutan biji wijen dan isinya biasanya kacang hijau. Duh, surga bingittts!

 

CENIL

Jajanan satu ini sama-sama terbuat dari tepung kanji dan biasanya disajikan dengan parutan kelapa. Atau, bisa juga cenil ini dipadu dengan ketan hitam dan dilumuri gula merah cair. Untuk rasa….Juara lah cenil ini!

 

LEMPER

Siapa yang belum pernah makan lemper? Duh bakal menyesal seumur hidup kalau belum pernah nyobain makan ini. Ketan putih dibungkus di daun pisang dan ada daging ayam di dalamnya, MAKNYUSSSS!

 

NOGOSARI

Kenal dengan kue yang satu ini? Nogosari namanya. Rasanya kenyal dan ada pisang didalamnya, lezat tiada tara…ra…ra.

 

 

KUE TALAM

Nah, kue yang satu ini pasti sering ditemukan di acara arisan ibu-ibu perumahan. Namanya, kue talam. Rasanya juga kenyal-kenyal karena terbuat dari perpaduan ubi, tepung beras dan tepung sagu, ditambah rasa pandan.

 

KUE CUCUR

Wah, rasa gula merah di cucur ini begitu menyenangkan! Apalagi kalau dimakan di sore hari dengan teh manis atau kopi sebagai temannya. Nongkrong tipis-tipis di sore pun bisa jadi syahdu.

 

KUE PUTU

Kenal dengan kue yang satu ini ?

Kue putu dan klepon punya banyak kesamaan, bedanya ada di bahan utamanya. Klepon rasanya kenyal-kenyal karena menggunakan tepung beras ketan, nah kalau putu rasanya lebih lembut dan tidak kenyal karena menggunakan tepung beras saja. Soal rasa…jangan ditanya deh.

 

PISANG MOLEN

Belum pernah makan kue ini ? Ga gaul deh kamu!

 

 

 

KUE LAPIS

Ada lagi nih yang kenyal-kenyal, si kue lapis. Kue lapis biasanya ada 2 warna atau lebih, jadi nggak heran kalau si lapis ini dikenal dengan lapis warna-warni. Lucu kan warnanya?

 

PUTU AYU

Si hijau-putih yang ini namanya cantik loh, Putu Ayu (mirip ngga ama yang baca ?).

 

 

DONAT GULA

Jangan remehkan jajanan yang satu ini. Mungkin banyak yang menjual donat yang satu ini. Tandanya, donat bertabur gula manis yang tetap menjadi favorit banyak orang. Si bulet manis yang tak akan pernah terlupakan nikmatnya, ngga kalah ama J’co…

 

LOPIS

Jajanan yang satu ini mirip lontong rasanya. Lopis ketan disajikan dengan taburan gula merah cair dan parutan kelapa. Mak jang…enaknya..

 

 

Nah, abis baca ini kamu pasti lapar ya?
Hemm memang kuliner jaman dulu sangatlah menarik dan sekarang kita sudah jarang menemukannya. Masih banyak jajanan pasar yang enak dan unik-unik di Indonesia loh. Yuk, tetap lestarikan jajanan pasar kita!

Copyright © 2017 NgopiBener, All rights reserved.